Articles


Kirana Megatara Dukung Program Kemitraan Ekonomi Umat

 Kamis, 21 Desember 2017 Kirana Megatara (KM) Group menghadiri kegiatan sosialisasi program 'Kemitraan Ekonomi Umat sebagai Wujud Realisasi Pemberdayaan UMKM dalam Rangka Arus Baru Ekonomi Indonesia' yang digelar oleh Kementerian Koordinator Perekonomian di Jakarta. Pada awal tahun 2017 pemerintah Indonesia meluncurkan Kebijakan Pemerataan Ekonomi (KPE) yang bertujuan untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang dapat menyentuh dan dirasakan seluruh masyarakat Indonesia.

Kebijakan ini muncul atas dasar ketimpangan yang masih terjadi di beberapa lapisan masyarakat. Peluncuran KPE saat itu juga diikuti oleh Kongres Ekonomi Umat yang digagas oleh oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) pada April 2017 dan menghasilkan suatu deklarasi untuk mewujudkan arus baru perekonomian Indonesia. Hadirnya KM Group dalam kegiatan tersebut menunjukkan dukungan perusahaan atas program pemerintah ekonomi kerakyatan yang berbasis kelompok keagamaan.

Menurut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, isi deklarasi tersebut memiliki semangat yang sama dengan Kebijakan Pemerataan Ekonomi, yaitu untuk mewujudkan kesejahteraan yang menyeluruh bagi seluruh rakyat. Program ini nantinya akan menyasar santri-santri di seluruh pondok pesantren di Indonesia untuk peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Selain KM Group, kelompok usaha yang berpartisipasi adalah Adaro, Dharma Sukses Nusantara, Seger Agro Nusantara, Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA), Djarum, Sinar Mas, AKR Corporindo, Garuda Food, Alfamart , dan Bangun Karso Group. KM Group bersama dengan sepuluh kelompok usaha itu, ikut ambil bagian dalam program kemitraan ekonomi umat dan telah mengembangkan kemitraan dengan 181 pondok pesantren, 24 SMK berbasis agama, 3.395 kelompok tani, 83 koperasi dan 1.177 UMKM. (diolah dari beberapa sumber)