Articles


PT Anugrah Bungo Lestari Merangkul Petani

Tebo, 3 Oktober 2019, Penyuluhan petani yang diberikan oleh salah satu petani karet “champion” di Indonesia yang juga salah satu mitra KMG, Pak Kliwon. Beliau memberikan pemahaman mengenai bagaimana cara budidaya karet yang baik sehingga mempu meningkatkan produktivitas karet petani dan bagaimana penanganan pasca panen yang baik agar kualitas karet yang dihasilkan menjadi lebih tinggi. Kegiatan ini dilakukan di sela-sela acara Lomba sadap yang dilaksanakan oleh PT Anugrah Bungo Lestari yang menghadirkan ratusan petani mitra dan calon mitra. Kegiatan pembinaan seperti ini secara rutin dilakukan oleh tim Sourcing Development Officer (SDO) yang ada di masing-masing pabrik dan sudah berjalan sejak tahun 2011 lalu.

PT Anugrah Bungo Lestari berhasil menyelenggarakan acara lomba sadap, lomba cerdas cermat dan lomba bokar terbaik di lokasi kelompok tani Jaya Lestari, Kabupaten Tebo, Jambi, pada tanggal 3 Oktober 2019. Acara ini dihadiri lebih dari 200 orang petani dan beberapa perwailan dari beberapa instansi pemerintahan setempat. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas petani karet baik mitra maupun calon mitra KMG melalui sistem permainan yang menarik dan menghibur. Salah satu petani karet setempat, Sukir, berharap agar PT Anugrah Bungo Lestari dapat menyelenggarakan acara seperti ini setiap tahunnya. Acara seperti ini dapat menambah pengetahuan petani dan memberikan hiburan tersendiri bagi petani di tengah kondisi harga karet yang tengah lesu, tambahnya.

PT Anugrah Bungo Lestari memberikan bantuan kepada salah satu petani karet mitra, Bapak  Tubi, berupa 3 kwintal pupuk NPK, pisau sadap, mangkuk sadap, dan beberapa perlengkapan panen lainnya. Bantuan ini diberikan sebagai bentuk kerjasama pembuatan demplot kebun karet seluas 2 hektar di Desa Sumber Agung, Kecamatan Rimbo Bujang, Tebo Jambi. Bantuan ini sekaligus sebagai bentuk apresiasi PT Anugrah Bungo Lestari kepada petani karet yang telah setia bekerjasama selama 3 tahun terakhir. Melalui bantuan ini diharapkan petani dapat melakukan perawatan kebun karet yang dimiliki sehingga produksi karet nantinya menjadi lebih baik.