Articles


GENBA DIR.OPS PT Djambi Waras Jujuhan Bersama Quality Control

Menurut PT Djambi Waras Jujuhan yang merupakan salah satu perusahaan Crumb Rubber Terbesar  “Kualitas” adalah salah satu ujung tombak dalam perdangangan karena kualitas produk merupakan sarana positioning utama bagi pemasar.  Dikutip dari Kotler (2009) produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan kepasar untuk mendapatkan perhatian, dibeli, digunakan atau dikonsumsi yang dapat memuaskan keinginan atau kebutuhan. Menurut Kotler dan Armstrong , 2008 beberapa atribut yang menyertai dan melengkapi produk atau karakteristik produk sebagai berikut:

  1. Kualitas Produk
  2. Pengemasan
  3. Merek

Berdasarkan uraian atribut yang akan berpengaruh kepada produk, Kualitas Produk menempati urutan pertama dan menjadi inti penting dari sebuah produk. Dengan itu pada  Rabu, 26 Januari 2022 Nursadono bertindak sebagai Penanggung Jawab PT. Djambi Waras Jujuhan (Direktur Operasional)  bersama Tim-nya Bambang Munajat selaku Kasie Quality Control melakukan “Genba”. Genba sendiri merupakan salah satu budaya kerja dimana manajemen akan pergi atau meninjau secara langsung lokasi suatu masalah dengan tujuan untuk mengetahui lebih jelas mengenai permasalahan yang terjadi.

Nursadono bersama Bambang Munajat secara langsung memeriksa kelayakan produk dan tidak segan-segan melakukan pengecekan produk secara langsung di lini produksi. Kegiatan ini bertujuan untuk terus  menjaga kualitas produk yang akan diekspor ke area gudang sehingga nama baik perusahaan akan terus terjaga.  Hal ini terkait salah satu issue yang telah terjadi pada perusahaan yaitu claim terhadap produk  yang terkirim. Kegiatan ini memang terlihat biasa bagi tim Quality Control yang dinaungi oleh Kirana Megatara, yaitu melakukan Assesement Quality. Namun dalam hal ini perlu ditegaskan dan mendapat peringatan keras  bahwa bahwa Tidak Ada Toleransi untuk Kualitas Produk.

Nursadono melakukan random sampling  dengan menunjuk 1 pallet untuk dilakukan pemeriksaan dengan dibantu tim Bambang Munajat. Nursadono melakukan pengecekan dengan sangat teliti dan hati-hati, tahap demi tahap, lapis demi lapis diperiksa satu persatu setiap Bandela (SIR) Output dari Produk yang siap untuk di kirim dari segi kontaminasi, White spot, suhu, Berat dan mengambil sampel kondisi tengah dari SIR tersebut.

Quality Control menjadi salah satu bagian terpenting dalam perusahaan demi menjaga Kualitas yang dihasilkan oleh perusahaan, hal tersebut yang juga dipegang teguhh oleh PT.Djambi Waras Jujuhan, “Kualitas produk yang akan di ekspor harus produk yang telah memenuhi standar, Kualitas dan itu harga mati”.