Articles


NEW KALBAR PROCESSOR MEMBINA PETANI KARET DI KALIMANTAN SELATAN

PT New Kalbar Processor (NKP) bersama dengan Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Tanah Laut menyelenggarakan kegiatan untuk para petani karet pada 14 Juli 2022 dengan bertempat di UPPB Pinang Jaya, Desa Sungai Pinang, Kecamatan Tambang Ulang, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan.  Kegiatan bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas karet petani karet, yang dihadiri oleh hampir 100 orang tamu undangan termasuk para petani karet mitra perusahaan, antara lain UPPB Pinang Jaya, UPPB Kapekate, UPPB Mugi Rahayu, UPPB Sidomulyo, UPPB Timbul Jaya, UPPB Maju Bersama, Gapoktan Gunung Bujang, dan Koperasi Karet Tanah Laut.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Operasional NKP, Minah Sehan, mengatakan bahwa NKP terus berkomitmen untuk membantu petani karet kecil menjadi lebih sejahtera. Beliau juga menambahkan bahwa untuk mendekatkan dengan petani dan sumber karet alam, NKP telah mendirikan 2 Depot pembelian Bokar yang terletak di Kecamatan Bati-Bati dan Kabupaten Balangan. NKP dengan tangan terbuka akan membeli bokar langsung dari UPPB ataupun petani  setempat. “kami berharap dengan komitmen untuk melakukan pembayaran secara tunai setelah bokar diterima di Depot, menyediakan timbangan yang akurat tanpa ada potongan, transparan dalam perhitungan Kadar Karet Kering (K3), maka nantinya dapat memberikan tambahan manfaat bagi seluruh UPPB dan petani karet mitra NKP”, ujar Bu Minah.

Salah satu petani yang hadir, Jaja, mengatakan bahwa kegiatan seperti ini menjadi yang pertama kalinya di Kalimantan Selatan. “Kami semua senang dengan adanya kegiatan seperti ini, memberikan edukasi ke petani, yang tadinya belum tahu sekarang menjadi tahu dan ini pertama kalinya bagi petani mengikuti acara menarik seperti ini. Semoga bisa terus dilaksanakan di kemudian hari” tambahnya.