Articles


Pelaksanaan Audit TUV Rheinland di PT Kirana Musi Persada

PT Kirana Musi Persada dalam menjamin sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 telah menerapkan secara konsisten, efektif, efisien, dan terintegrasi. ISO 9001:2015 merupakan standar manajemen mutu yang dirancang untuk membantu organisasi dalam memastikan bahwa organisasi dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dan stakeholdernya serta dapat memenuhi persyaratan perundangan, hukum, dan peraturan yang terkait dengan produk atau Jasanya dengan mempertimbangkan manajemen risiko. Berkaitan dengan hal tersebut, pada tanggal 13 Maret 2024 telah dilakukan audit TUV Rheinland ISO 9001:2015 di PT Kirana Musi Persada oleh tim audit TUV Rheinland yang merupakan badan sertifikasi internasional yang ditunjuk untuk melakukan sertifikasi ISO 9001:2015 di lingkungan Badan POM RI.

Pelaksanaan audit TUV Rheinland yang dipelopori oleh Muhammad Abdullah (Auditor) dalam melakukan pengecekan kesiapan, kelengkapan dan pengelolaan kelengkapan data serta pemeliharaan, safety, dan lingkungan di PT Kirana Musi Persada agar Management dapat mereview dan meng-improve kembali area-area yang masih kurang sesuai standar.

Muhammad Abdullah sebagai auditor dari TUV Rheinland pada opening meeting menyampaikan bahwa tujuan pelaksanaan audit ini untuk memastikan kesesuaian sistem manajemen yang telah diterapkan pada semua proses bisnis yang ada di PT KMP dengan persyaratan ISO 9001:2015.

Pada closing meeting dipaparkan hasil audit TUV Rheinland, dimana telah banyak kesesuaian penerapan sistem manajemen mutu dengan standard mutu dan hasilnya yaitu “Zero Finding” dan lead auditor merekomendasikan untuk menerbitkan sertifikat SNI untuk PT Kirana Musi Persada. Akan tetapi terlepas dari itu masih ada beberapa saran yang direkomendasikan oleh auditor untuk kedepannya agar perlu di improve kembali. Selain itu, auditor juga memberikan apresiasi berbagai aspek positif dan inovasi-inovasi yang telah dilakukan oleh PT Kirana Musi Persada dalam menunjang kinerja dan perusahaan.

“Saya ucapkan terima kasih banyak kepada seluruh masing-masing Departemen (Pabrik, Kantor & Pembelian) yang telah bekerja keras dalam mensukseskan pelaksanaan audit TUV Rheinland ini dan alhamdulillah di tahun 2024 ini di KMP Zero Finding lagi seperti tahun lalu. Menurut saya ini awal yang baik,semoga di pelaksanaan audit TUV tahun depan kita masih tetap konsisten mempertahankan trend positif ini yaitu zero finding” Ujar Pak Frans Kurniawan (Direktur Operasional) dalam closing speech-nya.