Articles


Pelatihan Pemadaman Kebakaran PT Kirana Prima

Pada hari Selasa, 3 November 2020 telah dilaksanakan pelatihan pemadaman kebakaran di PT. Kirana Prima yang bekerjasama dengan tim LPADK Binsika (Lembaga Pemadaman Api Desa Kawat Bintang Satria Kawat) sebagai pemateri sekaligus trainer pemadaman kebakaran. Pelatihan ini dilaksanakan setahun sekali untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan tim TKTD PT. Kirana Prima dalam mencegah dan menangani kebakaran.

Pelaksanaan pelatihan pemadam kebakaran terbagi menjadi 2 yaitu pemberian materi di dalam ruangan dan praktek langsung di lapangan. Penyampaian materi dari tim LPADK Binsika dilakukan secara bergantian, adapun materi yang disampaikan yaitu mengenai segitiga titik api, klasifikasi kebakaran, jenis – jenis APAR, penjelasan mengenai bagian - bagian dari APAR dan tugas serta pentingnya regu pemadam kebakaran.

Praktek langsung di lapangan dilakukan oleh seluruh tim TKTD yang hadir, adapun praktek yang dilakukan yaitu praktek pemadaman api menggunakan APAR, praktek pemadaman api menggunakan karung basah dan praktek cara pemasangan selang ke mesin pompa serta cara penggulungan pipa tersebut.