Articles


Pelatihan Penggunaan APAR Bagi Karyawan Di PT Kirana Musi Persada

Pada hari sabtu, 13 Januari 2024 pukul 09:00 WIB s/d selesai, sekitar 15 karyawan PT Kirana Musi Persada dari masin-masing perwakilan bagian terkait (Teknik, Produksi, Quality Control, dll) mengikuti agenda pelatihan menggunakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan). Tujuan dari pelatihan ini yaitu guna melatih kesiapsiagaan terhadap penanganan awal terjadinya kebakaran di area kerja. pelatihan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kompetensi dalam melakukan penanganan kebakaran saat kondisi yang muncul secara tiba-tiba sehingga upaya yang dilakukan dalam memadamkan api dapat segera diatasi dengan benar.

Dipimpin oleh Pak Rasyid (Kasubsie Safety) yang membimbing karyawan dalam teori dan praktek pemadaman api. Pada bagian teori, peserta diberi wawasan mengenai tipe kebakaran dan cara menanganinya. Sedangkan pada bagian praktek, peserta pelatihan diarahkan untuk melakukan simulasi meliputi teknik pemadaman api dengan menggunakan APAR.

Pelatihan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) ini disampaikan langsung oleh Pak Rasyid (Kasubsie Safety) dengan penyampaian materi mengenai jenis APAR (Alat Pemadam Api Ringan) yang tersedia di yaitu APAR isi Powder dan APAR isi Gas CO2.

“Diharapkan dengan mengikuti pelatihan ini dapat meningkatkan kompetensi tersebut, akan ada wawasan bagi karyawan untuk tidak bertindak panik saat terjadi kebakaran serta karyawan pun memiliki kesiapsiagaan untuk melibatkan dirinya dalam proses pemadaman dan penyelamatan ketika dibutuhkan.” Ujar Pak Juan Wijaya Marbun (Manager Pabrik) dalam opening speech-nya.