Articles


PT Kirana Permata & Pirelli memberikan beasiswa untuk 80 anak petani

PT Kirana Permata (KPT), anak perusahaan PT Kirana Megatara Tbk (KMG) bekerjasama dengan produsen ban dunia, Pirelli, pada 29 Desember 2022 kemarin menyelenggarakan kegiatan CSR berupa bantuan beasiswa untuk 80 anak petani karet (tingkat SD, SMP dan SMA) di sekitar kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan. Tidak hanya itu, kegiatan yang turut didukung oleh Kecamatan Lubai ini juga menyuguhkan berbagai perlombaan untuk petani karet dan penyuluhan tentang budidaya karet dan program karet alam berkelanjutan yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan petani karet. Hal ini merupakan salah satu wujud nyata dari komitmen PT Kirana Permata dan Pirelli untuk dapat senantiasa dekat dan mendukung petani-petani kecil.

Kegiatan yang dilaksanakan di  Aula Kantor Kecamatan Lubai ini, turut dihadiri oleh Chief Sustainabiliy Officer Kirana megatara (Bapak Widyantoko Sumarlin), Perwakilan dari Pirelli Singapore (Ibu Jocelyn Cheng), Direktur Operasional PT Kirana Permata (Bapak Cong Chia) beserta jajarannya, Camat Lubai (Bapak M. Faisal Al Akhmed S.STP, MSI), Kapolsek Rambang Lubai (Bapak AKP. Hendrinad, SH, MH), Danramil Rambang Lubai (Bapak Infantri Kapten Sugiyanto), dan beberapa perwakilan kepala desa setempat. Tercatat sebanyak lebih dari 200 orang yang turut serta dalam acara ini.

Widyantoko Sumarlin mengatakan bahwa Kirana Megatara sangat focus untuk terus dekat dengan petani kecil, termasuk membantu dalam meningkatkan kesejahteraan mereka baik melalui pemberian beasiswa anak petani untuk meringankan beban hidup petani, juga melalui peningkatan kapasitas petani agar hasil karetnya bisa lebih baik secara kuantitas maupun kualitas.

Pada kesempatan yang sama, Jocelyn Cheng dalam sambutannya mengatakan “Pirelli dan Kirana berkomitmen terhadap karet alam berkelanjutan dan berkontribusi untuk kemajuan pemangku kepentingan, terlebih untuk petani kecil. Kami juga berharap anak-anak petani dapat mengenyam pendidikan dan merencanakan masa depan yang lebih cerah”. Tak lupa beliau menyampaikan rasa terima kasih kepada petani yang selama ini telah memasok karet alam.

Tak hanya itu, M. Faisal Al Akhmed, menambahkan bahwa selama ini Kirana Permata dinilai sangat peduli dan terus berkontribusi untuk masyarakat di sekitar pabrik. Tak lupa beliau berharap untuk peningkatan harga karet sehingga petani dapat lebih bersemangat dalam menyadap kebunnya.

Dalam acara tersebut, sebanyak 30 kelompok tani berpartisipasi dalam lomba sadap, lomba cerdas cermat dan lomba tebak kualitas bokar. Salah satu petani, Darmnson, mengatakan bahwa acara ini sangat menghibur dan mampu meningkatkan pengetahuan petani kecil. “Semoga kegiatan ini dapat terus dilaksanakan setiap tahunnya” tambahnya.

Tak lupa salah satu orang tua penerima beasiswa, Hamami, menyampaikan rasa syukur dan terima kasihnya atas bantuan beasiswa yang diberikan. Jumlah beasiswa yang diberikan adalah 2,5 juta untuk SD, 3 juta untuk SMP dan 3,5 juta untuk SMA. “Bantuan ini akan diperuntukkan membeli kebutuhan anak2 sekolah seperti sepatu, baju, buku, dsb” tambah Hamami.